Langsung ke konten utama

RESUME HASIL KAJIAN LPIK PENDIDIKAN KASIH SAYANG

RESUME HASIL KAJIAN LPIK
PENDIDIKAN KASIH SAYANG

  1. Lebih sering bertemu anak, karena perbuatan guru atau orang tua lebih banyak ditiru anak dari pada ucapannya.
  2. Tunjukan kasih sayang dengan perbuatan.
  3. Anak dengan latar belakang keluarga yang bermasalah, maka seharusnya guru lebih banyak memberi perhatian kasih sayang pada anak.
  4. Anak menjadi ketakutan, justru itu guru atau orang tua belum/kurang memberikan kasih sayang pada anak.
  5. Masih banyak masalah pada orang tua maupun guru dalam memberikan bentuk kasih sayang pada anak.
  6. Amati, tiru, dan modvikasi (ATM) merupakan proses menyakini sampai terbentuk kesadaran, merupakan bentuk proses kasih sayang yang alami (natural).
  7. Dalam pendidikan kasih sayang, bebaskan anak tapi dikontrol.
  8. Suka memuji merupakan bentuk kasih sayang.
  9. Berilah kasih sayang yang pas dengan pola pikir positif (positive thinking)
  10. Perbaiki komunikasi agar timbul rasa kasih sayang.
  11. Pendidikan kasih sayang mendasarkan pada normatif, budaya, dan agama.
  12. Semakin mendapat kasih sayang semakin kuat kepribadian seseorang.
  13. Kasih sayang mengerti titik inti hati yang ada dalam seseorang.
  14. Keluarga sebagai tempat tumbuh kembang utama anak
  15. Guru/dosen sebagai aktor untuk menjadikan individu yang potensia.
  16. Pendidikan harus dilakukan seimbang untuk mengembangkan otak kiri dan otak kanan.
  17. Pendidikan kekerasan merusak sel otak.
  18. Pendidikan kekerasan mengganggu psikologis (kepribadian)
  19. Semua bentuk kekerasan bukan merupakan bentuk kasih sayang.
  20. Kasih sayang dapat menimbulkan rasa aman, tentram, tidak was-was, dan merasa terlindungi.


DIREKTUR LPIK


Prof. Dr. Gempur Santoso, M.Kes

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRUKTUR PERKEMBANGAN TUMBUHAN (Edisi Kedua)

STRUKTUR PERKEMBANGAN TUMBUHAN (Edisi Kedua) Ditulis oleh :  Dra. Ngadiani, M.Kes Dra. Diah Karunia Binawati, M.Si Daftar isi: BAB I Struktur Sel Tumbuhan BAB II   JaringanTumbuhan BAB III  Anatomi Organ BAB I V   DaerahTransisiTumbuhan BAB V   ModifikasiAlat/Organ PadaTumbuhan dll Beberapa hambatan yang telah dialami penulis disaat menyampaikan materi kuliah struktur dan perkembangan tumbuhan II adalah kegagalan dalam transfer ilmu. Diperkirakan hambatan ini disebabkan oleh kebiasaan mahasiswa yang menerima transfer ilmu dosen apa adanya. Ini merupakan satu-satunya sumber ilmu yang diterima mahasiswa tanpa adanya inovasi dan pengayaan individu. Sementara dosen tidak mungkin memberikan seluruh materinya lewat tatap muka, sehingga apa yang mereka peroleh belum maksimal. Salah satu cara mengatasi hal tersebut diatas, maka dipandang perlu adanya buku referensi. Diharapkan dengan diterbitkan/tersusunnya buku ini para /pembaca dapat menggunakannya seb

SURAT KEPUTUSAN REKTOR TENTANG TIM REDAKSI JURNAL BUDAYA ONLINE

KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA Tentang TIM REDAKSI JURNAL BUDAYA NUSANTARA ONLINE  UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA        Staff Admin LPIK Bhaswara Candraditya, S.SI

Seminar Industrialisasi ala Budaya Indonesia

SEMINAR NASIONAL INDUSTRIALISASI ALA BUDAYA INDONESIA Selasa, 08 Mei 2018 LATAR  BELAKANG Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan karakternya multi kultural, multi religion, serta multietnik. Indonesia merupakan Negara B angsa ( nation state ) yang terlahir dari pertalian nasib bersama para leluhur yang dengan gagah berani memerdekakan nasib dari jeratan kolonialisme -imperialisme . Lewat persamaan nasib tersebutlah kemudian perbedaan-perbedaan yang seakan menjadi sekat persatuan dan kesatuan antar suku dan daerah dapat diatasi. Kemudian api semangat tersebut dikristalisasi kedalam tubuh Falsafah Dasar B angsa Indonesia, Pancasila. Dengan tujuan dan harapan demi menjadikan bangsa Indonesia tetap satu dalam perbedaan, dalam rangka menanamkan semangat bhineka tunggal ika. Lewat Pancasila, masyarakat Indonesia terikat dengan nilai-nilai dasar yang teologis, humanis, demokratis serta bercita-citakan